Webinar HIGI Seri-01 dan 02: Memperluas Cakrawala Keilmuan tentang Gulma dan Pengelolaannya

Bandarlampung – Himpunan Ilmu Gulma Indonesia  (HIGI)  bekerjasama  dengan Perguruan Tinggi Al-Madani Bandarlampung dan  Jurusan AGH Fakultas Pertanian Universitas Lampung menyelenggarakan rangkaian webinar series. Webinar seri-1 dilaksanakan pada 7 Agustus 2020 dengan tema Perkembangan, Penelitian dan Pengelolaan Gulma dan Tumbuhan Asing Invasif di Indonesia.

Acara dimoderatori langsung oleh  Prof. Dr. Ir. Nanik Sriyani, M.Sc. selaku Ketua Umum Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIGI), Dosen dan Peneliti Gulma dan Herbisida Universitas Lampung, dan juga Direktur Perguruan Tinggi Al-Madani  Bandarlampung. Acara ini diisi oleh pemateri yang sangat luar biasa yaitu pemateri pertama Dr. Soekiman Tjitrosemito, selaku Affiliate Scientist SEAMEO BIOTROP dan pemateri kedua oleh Dr. M. Yuli Irianto yang merupakan Consultant Expert Provivi Company. Tujuan dari webinar ini adalah untuk memperluas wawasan keilmuan tentang gulma dan juga cara pengelolaannya, yang diharapkan dapat digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selanjutnya, webinar seri-2 juga telah terlaksana dengan lancar dan sukses pada Jumat, 11 September 2020 di AXA Building Perguruan Tinggi Al-Madani melalui Zoom, dan disiarkan langsung di kanal YouTube resmi Perguruan Tinggi  Al-Madani.Webinar seri-2 diikuti oleh sekitar 1028 akademisi dan praktisi dari seluruh provinsi di Indonesia. Webinar seri-2 mengusung tema Pengeloaan Gulma Berkelanjutan dan Resistensi Gulma terhadap Herbisida yang dimoderatori oleh Dr. Encik Akhmad Syaefudin. Beliau merupakan Ahli Pengendalian Gulma dan Tumbuhan Invasif Terpadu dan Wakil Rektor III Universitas Mulawarman, Samarinda. Acara webinar ini sendiri diisi oleh 3 narasumber, yaitu :

  1. Sudakir, S.P., M.M. yang merupakan Senior Manager R&D Herbicide, Asia Pasific, BASF Co.
  2. Dr. Edison Purba selaku Guru Besar Bidang Pengelolaan Gulma dan Herbisida, Universitas Sumatera Utara, Medan.
  3. Dr. Ir. Nanik Sriyani, M.Sc. selaku Ketua Umum Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIGI), Dosen dan Peneliti Gulma dan Hebisida Universitas Lampung, yang juga Direktur Perguruan Tinggi Al-Madani Bandarlampung.

Acara webinar ini diharapakan dapat bermanfaat untuk pertanian yang berkelanjutan, sehingga dapat medukung perekonomian di Indonesia menjadi lebih baik lagi.  Semoga Perguruan Tinggi Al-Madani dapat memperluas kerjasama dengan organisasi lainnya, sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru dan juga menghasilkan generasi yang Unggul, Modern, dan Bermartabat.

Penulis : Neti Ontia, S.P.

One Reply to “Webinar HIGI Seri-01 dan 02: Memperluas Cakrawala Keilmuan tentang Gulma dan Pengelolaannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.