Anteseden dan Konsekuensi Kecintaan Merek dengan Dimoderasi oleh Kenangan

Rahmawati Azizah MT
Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Madani, Bandar Lampung, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas merek yang dipersepsikan dan kepribadian merek pada kecintaan merek dengan kenangan sebagai pemoderasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, PNS, profesional (suster, akuntan), wiraswasta, karyawan swasta yang merupakan pengguna laptop merek Asus di Indonesia. Sampel yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang dibuat secara online dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menemukan bahwa kualitas merek yang dipersepsikan dan kepribadian merek memiliki pengaruh
positif pada kecintaan merek. Kecintaan merek memiliki pengaruh positif pada loyalitas merek dan keterlibatan aktif. Temuan pada variabel moderasi, kenangan tidak terbukti memoderasi pengaruh antara kualitas merek yang dipersepsikan dan kecintaan merek, artinya bahwa tinggi atau rendahnya kenangan sebagai variabel moderasi tidak ada kaitannya pada hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Selain itu, temuan variabel kenangan terbukti memoderasi pengaruh antara kepribadian merek dan kecintaan merek, artinya bahwa akan menjadi kuat pengaruh kepribadian merek pada kecintaan merek ketika variabel kenangan tinggi, dan sebaliknya
akan menjadi lemah ketika variabel kenangan rendah.

Kata kunci: Kualitas merek yang dipersepsikan, kepribadian merek, kecintaan merek, loyalitas
merek, keterlibatan aktif, kenangan positif.

Link: https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/24068/

One Reply to “Anteseden dan Konsekuensi Kecintaan Merek dengan Dimoderasi oleh Kenangan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *