Hasil Survei Kepuasan Pengguna Program Studi S1 Manajemen TA 2020-2021

Pada tahun akademik 2020-2021 STIE Al-Madani melakukan survei kepuasan pengguna Program Studi S1 Manajemen. Kegiatan survei kepuasan pengguna ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2021.

Berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Strategis STIE Al-Madani dapat diketahui bahwa:

  1. Tingkat pemahaman sivitas akademika terhadap VMTS STIE Al-Madani yaitu 65% sangat baik dan 35% baik.
  2. Tingkat kepuasan sivitas akademika terhadap kinerja STIE Al-Madani dalam mencapai visi, misi, dan tujuan STIE Al-Madani yaitu 83% sangat baik dan 17% baik.
  3. Tingkat kepuasan sivitas akademika terhadap kesesuaian rumusan VMTS STIE Al-Madani dengan perkembangan zaman dan berorientasi ke masa depan yaitu 87% sangat baik dan 13% baik.
  4. Visi dan misi STIE Al-Madani telah menggambarkan nilai-nilai institusi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil survei yaitu 87% sangat baik dan 13% baik.

Berdasarkan hasil survei kepuasan terhadap dapat Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama Perguruan Tinggi diketahui bahwa:

  1. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap tata pamong STIE Al-Madani  yaitu 84% sangat baik dan 16% baik.
  2. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap kepemimpinan STIE Al-Madani yaitu 77% sangat baik dan 23% baik.
  3. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap pengelolaan STIE Al-Madani yaitu 74% sangat baik, 22% baik, dan 1% cukup.
  4. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap penjaminan mutu STIE Al-Madani yaitu 77% sangat baik, 21% baik, dan 1% cukup.
  5. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap kinerja STIE Al-Madani yaitu 68% sangat baik dan 32% baik.
  6. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap layanan STIE Al-Madani yaitu 66% sangat baik, 32% baik, dan 7% cukup.
  7. Tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap kerjasama STIE Al-Madani dengan mitra yaitu 76% sangat baik dan 24% baik.

Berdasarkan hasil survei kepuasan pengguna terhadap layanan kemahasiswaan dapat diketahui bahwa:

  1. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan yaitu 90% sangat baik, 8% baik, dan 2% cukup.
  2. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan bimbingan konseling yaitu 78% sangat baik dan 22% baik.
  3. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemampuan institusi memberikan pelayanan administratif yaitu 82% sangat baik dan 18% baik.
  4. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kemampuan institusi memfasilitasi pengembangan minat dan bakat mahasiswa melalui pengelolaan unit kegiatan mahasiswa yaitu 79% sangat baik dan 21% baik.
  5. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan pengembangan karir dan kewirausahaan melalui ketersediaan sarana, prasarana dan akses informasi terkait peluang karir dan wirausaha bagi para mahasiswa/para alumni yaitu 75% sangat baik dan 25% baik.

Berdasarkan hasil survei terhadap Layanan Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat diketahui bahwa:

  1. Tingkat kepuasan dosen dan tendik terhadap pengembangan kompetensi oleh institusi melalui pelatihan/workshop internal dan eksternal, serta memfasilitasi studi lanjut ke jenjang doktor yaitu 42% sangat baik, 42% baik, dan 18% cukup.
  2. Tingkat kepuasan dosen dan tendik terhadap pengembangan karir dan jabatan dosen dan tendik oleh institusi melalui bimtek pengurusan kenaikan pangkat, institusi memberikan insentif tahunan bagi dosen dan tendik berprestasi yaitu 67% sangat baik dan 33% baik.
  3. Tingkat kepuasan dosen dan tendik terhadap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam hal institusi memfasilitasi bimtek penyusunan proposal, menyediakan alokasi dana hibah internal, memberikan insentif publikasi artikel ilmiah (IPAI) yaitu 59% sangat baik, 30% baik, dan 11% cukup.
  4. Tingkat kepuasan dosen dan tendik terhadap kecukupan dan kualitas sarana dan prasarana yaitu 48% sangat baik, 44% baik, dan 7% cukup.
  5. Tingkat kepuasan dosen dan tendik terhadap kemampuan pimpinan dalam mengelola institusi yaitu 50% sangat baik, 41% baik, dan 9% cukup.

Berdasarkan hasil survei terhadap Layanan dan Pelaksanaan Proses Pendidikan dapat diketahui bahwa:

  1. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek keandalan (reliability) mencakup kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan yaitu 90% sangat baik dan 10% baik.
  2. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek daya tanggap (responsiveness) mencakup kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat yaitu 75% sangat baik dan 25% baik.
  3. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek kepastian (assurance) mencakup kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan yaitu 88% sangat baik dan 13% baik.
  4. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek empati (empathy) mencakup kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa yaitu 88% sangat baik dan 13% baik.
  5. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek bukti fisik (tangible) mencakup penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana yaitu 92% sangat baik dan 8% baik.

Hasil survey kepuasan pengguna secara lengkap dapat dilihat pada link berikut.

https://drive.google.com/file/d/1Jj8lzav2eD9CoqKsklHG4qeOXY48Z0Ur/view?usp=sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.