Sosialisasi Pengenalan Kekayaan Intelektual dan Paten Batch 2 Tahun 2022 di Universitas Muhammadiyah Metro

Bandar Lampung. Salah satu kewajiban dosen yaitu meningkatkan kompetensi melalui pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan cara pengelolaan sistem KI khususnya paten. Dalam upaya meningkatkan kompetensi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Metro Lampung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengenalan Kekayaan Intelektual dan Paten Batch 2 Tahun 2022 yang diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 05 Desember 2022 bertempat di AIDIA Grande Hotel, Kota Metro Lampung.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari, diawali pembukaan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Metro dan dilanjutkan sambutan oleh Direktur RTPM Kemendikbudristek. Adapun agenda kegiatan ini yaitu: Penyampaian program kerja koordinasi Fasilitas Pembinaan KI dan Paten DRTPM Kemendikbudristek oleh Tim DRTPM, dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber yaitu (1) Dr. Ir. Nanik Astuti Rahman, ST. MT tentang Pemahaman Umum Kekayaan Intelektual (Hak Cipta, Desain Industri & Merk), (2) Ria Dewi Andriani, S.Pt., M.Sc., MP tentang Rahasia Dagang, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Paten, (3) Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D. tentang Pemahaman Dasar Perlindungan Varitas Tanaman dan Indikasi Geografis, (4) Prof. Dr. techn. Suyitno tentang Komersialisasi Kekayaan Intelektual.

Harapannya, dengan mengikuti kegiatan sosialisasi ini dosen dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dapat meningkatkan luaran penelitian dan PkM berupa karya yang dapat menjadi kekayaan intelektual berupa (paten, merk, hak cipta, desain industri, dll), kekayaan intelektual dapat meningkatkan poin/kum dosen untuk kenaikan pangkat dosen, kekayaan intelektual merupakan indikator luaran penelitian dan PkM, sebelum proses submit artikel disarankan untuk mendaftarkan KI (hak cipta atau paten), dan perguruan tinggi dapat melakukan komersialisasi KI, dengan membuat unit Sentra Kekayaan Intelektual (KI) dapat berdiri sendiri atau di bawah naungan LPPM.

Written by: Shafitranata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *